Sabtu, 13 Juni 2009



sudah tradisi setiap tahun di Gugus Depan 01.29-01.30 SDN Kraton 2 Bangkalan melaksanakan kegiatan Perkemaham Sabtu Minggu atau yang disingkat PERSAMI. Tahun 2009 kali ini pelaksanaan Persami dilaksanakan pada tanggal 30-31 Mei 2009 bertempat di Halaman SDN Kraton 2 Bangkalan.
Dimulai pada pukul 14.00 WIB peserta perkemahan yang terdiri dari Pramuka Penggalang kelas 4 s/d kelas 6 dan terbagi menjadi 12 regu mulai berkumpul dan mendirikan perkemahan. tepat pada jam 16.00 WIB Upacara Pembukaan di mulai dengan Pembina Upacara Kakak Ani mewakili kepala sekolah yang saat itu berhalangan hadir.
setelah upacara pembukaan peserta mulai dengan kegiatan pertama yaitu memasak, karna meskipun mereka adalah penggalang yang masuh bersatus siswa sekolah dasar akan tetapi tetap belajar memasak dibantu oleh pembina pendamping. kegiatan selanjutnya yaitu Sholat Maghrib berjamaah, itu adalah kegiatan wajib bagi mereka karena meskipun sesibuk apapun ibadah kepa Allah SWT tetap dilaksanbakan sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka yang ke 1 (satu). Menjelang pukul 19.30 WIB peserta berkumpul kembali mengikuti kegiatan Api Unggun, kegiatan ini cukup meriah dengan penampilan atau atraksi dari para peserta.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap pukul 23.00 WIB diadakan kegiatan Sinar Pantul yaitu kegiatan mencari kata mutiara yang telah disiapkan ditempat gelap dengan menggunakan sebatang lilin sebagai penerangan, tujuannya adalah melatih peserta agar berani menghadapi tantangan dan tidak takut kepada sesuatu apapun kecuali kepada Allah SWT.
Setelah istirahat malam peserta bangun untuk mengerjakan sholat Shubuh berjamaah dilanjutkan dengan kegiatan olah raga, kegiatan oleh raga kali ini cukup meriah karena kegiatan tersebut dipimpin oleh pembina pembantu yang cukup kreatif dalam berolah raga.
Perkemahan tahun ini cukup berbeda karena pada hari terakhir yaitu hari Minggu tidak dilaksanakan kegiatan penjelajahan tetapi berupa OutBound yaitu kegiatan Permainan atau Game yang menuntut mereka kreatif, disiplin dan kompak sehingga mereka dapat melalui permainan tersebut. Adapun permainan dalam Out Bound terdiri dari : Jaring Laba-laba, Berayun, Piramid Kepemimpinan, Memindahkan Bom, dan Telur Mabuk.
Diakhir kegiatan peserta yang tergolong Giat, Kreatif, Kompak dan Disiplin mendapatkan sebuah bingkisan dari Panitia, dan sebelum kegiatan persami tersebut ditutup peserta diminta meniup balon yang telah dibawa kemudian secara bersama-sama meledakkannya sebagai ungkapan kepuasan, kelegahan dan kemeriahan kegiatan persami tahun ini
demikianlah kegiatan PERSAMI Gugus Depan 01.29-01.30 SDN Kraton 2 Bangkalan, semoga menjadi pengalaman yang sangat berharga sertameningkatkan kebersamaan dalam Pramuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar